Penggunaan Media Word Search Game Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Pada Pokok Bahasan Sinonim dan Antonim di Kelas VB SDS Puri Artha Karawang
Monday, January 14, 2019
Add Comment
Word Search Game (Dok. Penulis) |
PROPOSAL
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
(PTK)
PENGGUNAAN
MEDIA WORD SEARCH GAME
DALAM
MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA
BAHASA
INDONESIA SISWA
PADA
POKOK BAHASAN SINONIM DAN ANTONIM
DI
KELAS VB SDS PURI ARTHA KARAWANG
CECEP GAOS, S.Pd
SDS PURI ARTHA
TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG
2014
Lembar Pengesahan
Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
PENGGUNAAN
MEDIA WORD SEARCH GAME
DALAM
MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA
BAHASA
INDONESIA SISWA
PADA
POKOK BAHASAN SINONIM DAN ANTONIM
DI
KELAS VB SDS PURI ARTHA KARAWANG
Oleh:
CECEP GAOS, S.Pd
Telukjambe Timur, 10 Februari 2014
Disetujui oleh:
Kepala Sekolah Peneliti,
Zenni Farida, S.Sos Cecep
Gaos, S.Pd
Mengetahui:
Kepala UPTD PAUD dan SD
Kec. Telukjambe Timur
Drs.
ANANG SUTARMAN, MM
NIP.
19620423 198204 1 003
A.
Judul
PENGGUNAAN MEDIA WORD
SEARCH GAME DALAM
MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA PADA POKOK BAHASAN
SINONIM DAN ANTONIM DI KELAS VB SDS PURI ARTHA KARAWANG
B.
Latar Belakang Masalah
Di kelas VB SDS Puri Artha
Telukjambe Timur Karawang terdapat 35 siswa yang mengikuti mata pelajaran
Bahasa Indonesia. Dari 35 siswa tersebut, ada 16 siswa (46%) yang mendapat
nilai di atas atau sama dengan KKM dan ada 19 siswa (54%) yakni kurang dari KKM
dalam pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan Sinonim dan Antonim. Berarti
kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia pokok bahasan Sinonim dan Antonim masih rendah.
Hal ini disebabkan kerja sama
antara guru dengan siswa belum optimal. Selain itu, guru belum menemukan
strategi/pendekatan/metode/media pembelajaran Bahasa Indonesia yang tepat.
Untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran tersebut digunakan media Word Search Game dengan alasan bahwa
media tersebut memiliki sejumlah
keunggulan yaitu; 1) bisa mengaktifkan siswa dalam proses belajar, 2) bisa
mendorong keigintahuan siswa dalam belajar, dan 3) cocok dengan karakteristik
mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan Sinonim dan Antonim.
C.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat
dirumuskan masalah sebagai berikut:
1.
Apakah media Word Search Game dapat meningkatkan penguasaan
kosakata Bahasa Indonesia pada pokok bahasan Sinonim dan Antonim pada kelas VB
SDS Puri Artha Telukjambe Timur Karawang?
2.
Apakah media Word Search Game dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VB SDS Puri Artha Telukjambe
Timur Karawang?
D.
Pemecahan Masalah
Masalah
dalam PTK ini dipecahkan dengan menggunakan media permainan Word
Search Game. Dengan menggunakan media ini diharapkan penguasaaan
kosakata Bahasa Indonesia pada pokok bahasan Sinonim dan Antonim dapat
meningkat.
E.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan PTK ini adalah:
1.
untuk meningkatkan
penguasaan kosakata Bahasa Indonesia pada pokok bahasan Sinonim dan Antonim di kelas VB SDS Puri Artha Telukjambe Timur
Karawang.
2.
untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VB SDS Puri
Artha Telukjambe Timur Karawang.
F. Manfaat Penelitian
Penulis
mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi:
1.
Siswa
a.
Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosakata Bahasa
Indonesia pada pokok bahasan sinonim dan antonim.
b.
Dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia,
sehingga siswa lebih aktif.
2.
Guru
a.
Dapat menambah wawasan guru dalam menerapkan media pembelajaran yang
tepat, tidak konvensional, variatif, dan inovatif.
b.
Untuk menghindari pembelajaran yang monoton, yang cenderung teacher
centered.
3.
Sekolah
a.
Untuk meningkatkan kualitas sekolah.
b.
Untuk meningkatkan profesionalisme guru.
4.
Peneliti lain
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi
dalam melakukan penelitian di masa yang akan datang untuk menguji
efektifitas media Word Search Game dalam
meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia, terutama pada pokok bahasan sinonim
dan antonim.
G.
Kerangka Teoritis
1.
Pengertian Sinonim dan
Antonim
a.
Sinonim
Sinonim adalah suatu kata
yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian
yang sama atau mirip. Sinomin bisa disebut juga dengan persamaan kata atau
padanan kata (Wikipedia). Sedangkan
di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan (KKBI) Daring, sinonim
diartikan sebagai bentuk bahasa yg maknanya mirip
atau sama dng bentuk bahasa lain; muradif. Sementara
itu, Poerwadarminta (2007) mendefinisikan sinonim sebagai kata yang sama atau
bersamaan artinya.
b.
Antonim
Antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain.
Antonim disebut juga dengan lawan kata (Wikipedia). Sedangkan di dalam Kamus
Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan (KKBI) Daring, antonim diartikan sebagai kata
yg berlawanan makna dng kata lain.
2.
Pengertian Word Search
Game
a. Pengertian
Game
Game adalah suatu kegiatan terstruktur yang bisa
digunakan sebagai alat belajar. Game adalah kegiatan yang
memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kelas yang di batasi oleh
aturan-raturan. Games juga akan mendorong motivasi siswa dalam belajar agar
supaya menjadikan proses pembelajaran menarik dan menyenangkan.
Menurut
David Parlett, Game
adalah sesuatu yang memiliki "akhir dan cara mencapainya": artinya
ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan untuk mencapai
keduanya. Sedangkan Menurut Chris
Crawford, mengemukakan
bahwa game , pada intinya adalah sebuah interaktif aktivitas yang berpusat pada
suatu pencapaian (Julianda, 2013)
b. Pengertian
Word Search Game
Word Search Game adalah sebuah permainan kosakata dimana siswa
harus menemukan kata-kata dalam huruf acak di sebuah kotak. Untuk menemukan
kata, siswa harus membuat garis mendatar, menurun atau secara diagonal. Di
dalam The Free
Dictionary By Farlex, Word
Search diartikan sebagai sebuah permainaan teka-teki yang berisi huruf-huruf
yang disusun dalam sebuah jaringan yang berisi sejumlah kata-kata yang
tersembunyi yang ditulis dalam berbagai arah.
Larcon (2002) mengatakan bahwa game ini dipercaya dapat membantu
siswa dalam mencapai tujuan-tujuan mempelajari vocabulary karena ia dapat
memotivasi mereka dalam mengurangi rasa bosan.
3.
Langkah-langkah
Pembelajaran dengan Media Word Search Game
Ada
beberapa langkah yang harus siswa lakukan dalam Word Search Game ini, yaitu
sebagai berikut:
a. Bacalah
kalimat-kalimat dan petunjuk.
b. Temukan
kata dalam kotak dengan memberi garis mendatar, menurun atau menyilang.
c.
Tulislah
kata pada tiap akhir petunjuk.
d.
Waktu
dibatasi dua menit utuk setiap nomor.
e.
Bagi
siswa yang dapat menyelesaikan pekerjaannya sebelum waktu berakhir, diberikan penghargaan,
peneliti memberinya tanda bintang ( )
pada lembar jawaban.
f.
Hasil
kerja siswa di cek bila waktu sudah selesai.
g. Setiap
jawaban benar diberi skor 2 dan 1 untuk garis atau kata yang tepat.
4.
Pengertian Hasil
Belajar
Hasil belajar merupakan bagian terpenting
dalam pembelajaran. Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan seorang
guru dalam proses pembelajaran.
Apa itu definisi hasil belajar
sesungguhnya? Sebelum mendefinisikan hasil belajar, kita harus mengetahui
terlebih dahulu pengertian belajar. Belajar dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia
diartikan sebagai berusaha (berlatih dsb) supaya mendapat suatu kepandaian. Sedangkan
menurut Wittig (1981) belajar dapat diartikan sebagai perubahan tingkah laku
manusia yang relatif permanen yang terjadi sebagai hasil dari pengalaman.
Sementara itu, menurut Surya (1981:32) belajar adalah suatu proses usaha yang
dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru
keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya
dengan lingkungan.
Menurut Hamalik
(2003:155) hasil belajar adalah sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada
diri seseorang yang dapat di amati dan di ukur bentuk pengetahuan, sikap dan
keterampilan. Perubahan tersebut dapat di artikan sebagai terjadinya
peningkatan dan pengembangan yang lebih baik sebelumnya yang tidak tahu menjadi
tahu. Berdasarkan pendapat-pendapat yang telah dipaparkan di atas, maka dapat
dikemukakan bahwa hasil belajar adalah perubahan perilaku pada diri seseorang
akibat tindak belajar yang mencakup aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek
psikomotorik.
5.
Hakikat Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia meruapakan salah
satu mata pelajaran yang harus diajarkan di sekolah dasar. Bahasa Indonesia
merupakan mata pelajaran yang membelajarkan siswa untuk berkomunikasi dengan baik
dan benar. Komunikasi ini dapat dilakukan baik secara lisan maupun tulisan.
Belajar bahasa pada hakikatnya
adalah belajar komunikasi. Oleh karena itu pembelajaran bahasa diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan pebelajar dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulis
(Depdikbud, 1995). Kompetensi pebelajar bahasa diarahkan ke dalam empat aspek,
yaitu membaca, berbicara, menyimak dan mendengarkan.
H.
Hipotesis Tindakan
Dengan menggunakan media Word Search Game dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa
Indonesia pada pokok bahasan Sinonim dan Antonim pada siswa kelas VB SDS Puri Artha
Karawang.
I.
Metode Penelitian
1.
Setting
PTK
ini dilaksanakan di kelas VB SDS Puri Artha dengan jumlah siswa 35 orang selama
4 bulan.
2.
Sumber data
a. Informan/responden
yaitu; siswa kelas VB, guru yaitu Oliviawati, S.Pd dan Endang Nurlaelasari,
S.Pd.
b. Dokumen,
yaitu soal ulangan, nilai ulangan, raport, RPP, foto PBM, laporan/catatan
pengamatan dan angket.
3.
Teknik dan alat
pengumpulan data
Teknik
dan alat pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, diskusi dan
angket.
4.
Indikator Keberhasilan
Hasil
tes ≥ KKM, siswa yang dapat mengerjakan soal, aktif dalam belajar, dan hadir ≥
80%, kinerja guru berdasarkan respons siswa/angket positif.
5.
Analisis data
Secara
kuantitatif, data (hasil tes, angket, catatan observasi) dihitung skor,
persentase dan/atau rata2-nya. Secara kualitatif, data (informasi, percakapan,
aktivitas guru-siswa PBM dan hasil pengamatan) dianalisis, ditafsirkan dan
dimaknai sesuai dengan fokus masalah.
6.
Prosedur PTK
Menurut Arikunto (2010: 137) pelaksanaan
tindakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi: (1) Perencanaan, (2)
Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Untuk lebih jelas
tahapan-tahapan dalam PTK dapat dilihat pada gambar berikut ini.
a.
Siklus I
Siklus I terdiri dari:
(1)
Perencanaan
(2)
Pelaksanaan Tindakan dan
Observasi
(3)
Tahap Pengamatan
(4)
Refleksi
b.
Siklus II
Pada siklus kedua dilakukan tahapan-tahapan seperti
pada siklus pertama tetapi didahului dengan perencanaan ulang berdasarkan hasil-hasil
yang diperoleh pada siklus pertama, sehingga kelemahan-kelemahan yang terjadi
pada siklus pertama tidak terjadi pada siklus kedua.
J.
Jadwal Penelitian
No
|
Jenis Kegiatan
|
Bulan
|
|||
Feb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
||
1
|
Penyusunan proposal
|
√
|
|||
2
|
Pelaksanaan siklus 1
|
√
|
|||
3
|
Pelaksanaan siklus 2
|
√
|
|||
4
|
Tabulasi dan analisis data
|
√
|
√
|
√
|
|
5
|
Penyusunan laporan
|
√
|
|||
6
|
Seminar hasil
|
√
|
K.
Rencana Anggaran
No
|
Penggunaan
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
ATK
|
|
2
|
Transportasi
|
|
3
|
Photo copy
|
|
4
|
Pembuatan proposal
|
|
5
|
Pengumpulan data
|
|
6
|
Analisis data
|
|
7
|
Pembuatan laporan
|
|
8
|
Seminar
|
|
9
|
Perbaikan laporan
|
|
10
|
Penggandaan laporan
|
|
Rekapitulasi/Jumlah
|
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta :
Rineka Cipta.
Chandera,
Cand. 2013. Beberapa Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli.
Haryanto.2010.
Pengertian Belajar Menurut Ahli.
Julianda, Olivia. 2013. Pengertian Game.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring.
Poerwadarminta,
W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia
Edisi Ketiga. Jakarta. Pusat Bahasa Depdiknas.
Saepunajah, Aep.
2012. Meningkatkan Penguasaan Kosakata
Bahasa Inggris Melalui Thematic Word Search Games Pada Siswa Kelas VIIB SMPN 3
Kandangan.
The
Free Dictionary By Farlex
Widyartono,
Didin (2009). Pembelajaran Bahasa
Indonesia.
Wikipedia. Sinonim.
Wikipedia. Antonim.
0 Response to "Penggunaan Media Word Search Game Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Pada Pokok Bahasan Sinonim dan Antonim di Kelas VB SDS Puri Artha Karawang"
Post a Comment